Kesan Dan Pesan Semester 1 (Softskills Perekonomian Indonesia)

TUGAS PEREKONOMIAN INDONESIA
KESAN DAN PESAN PADA SEMESTER 1


 


Tugas Minggu Pertama (Softskills)

Disusun Oleh:
Nama : Rachmah Auliawati
NPM : 28216446
Kelas : 1EB13
Dosen : Ibu Eva Karla

JURUSAN AKUTANSI/FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017
Kesan Dan Pesan Semester 1

Kenangan...
Kesan dan pesan di semester 1? hmmm banyak sekali yang ingin saya sampaikan dan ceritakan kepada semua orang bahwa saya sangat sekali bahagia dengan mereka. Tapi entah perasaan saya ini menjadi kacau pada akhir-akhir ini, banyak hal-hal yang menghantui pikiran saya sejak saya pindah ke kelas Reguler Pagi pada semester 2 ini.
Akhir bulan september saya mulai masuk ke Universitas Gunadarma, dan waktu itu saya memang sudah ketinggalan mata kuliah selama 1 minggu. Yaa kelas Akuntansi Reguler Malam menjadi pilihan saya. Padahal waktu itu saya pun belum bekerja tapi entah mengapa saya ingin sekali masuk kelas reguler malam. Karena kalau difikir pasti akan lucu dan membuat saya semakin tertantang karna belajar pada saat malam hari itu sepertinya terasa tidak berat.
Yaa waktu itu saya memasuki kelas 1EB16 , Perasaan takutpun sebenarnya juga menghantui karena saya belum mengenal mereka dan mereka pun sudah mengenal satu sama lain di kelas 1EB16 . yang saya fikirkan pertama adalah jumlah mahasiswanya akan banyak. Tetapi saya salah menduga. Dikelas ini hanya ada 1 orang saja... hmmmm tak apalah tetapi itu lebih mudah untuk bisa mengenal satu sama lain. Tapi sejujurnya saya lebih suka megenal banyak orang daripada sedikit seperti itu. Karna saya adalah tipe seseorang yang suka sekali bergaul dan bergabung dengan yang lain.
Seperti halnya menjadi mahasiswa baru pada umumnya. Mereka belum mengetahui tentang saya dan sebaliknya pula, sayapun belum mengetahui tentang bagaimana sifat sifat mereka. Saya sebagai mahasiswa baru di kelas itu paling hanya bisa senyam-senyum dan tentunya tidak secerewet sekarang hehehe :D
Lambat laun berjalannya mata kuliah kami lalui dan tentunya kamipun semakin akrab dan lama-kelamaan sayapun merasa sudah tidak canggung pada mereka. Malah bisa dikatakan pada saat ini saya sendiri sangat sekali dekat dengan anak-anak cowo karena kadang saya sering ikut nongkrong entah itu membat tugas bersama ataupun hanya sekedar berbincang-bincang saja.
Entah apa yang saya fikirkan, disemester-semester akhir ini saya berfikiran ingin pindah kekelas reguler pagi. Tanpa berfikir panjang sayapun mengurus segala administrasi yang saya butuhkan untuk bisa pindah kekelas reguler pagi. Dahulunya saya tidak berfikiran secara panjang dan matang, karena saya adalah tipe orang yang sangat tergesa-gesa saat mengambil keputusan dan tanpa berfikir panjang.
Teman-teman sekelas pun sangat menyayangkan saya akan pindah dan mereka sedikit tidak percaya bahwa saya ingin pindah. Karena suatu alasan tertentu saya memberanikan diri untuk mengambil keputusan ini.
Banyak dari teman-teman saya yang memberikan saya saran untuk memikirkannya secara matang, karena apa? Pindah kelas hanya terjadi selama 1 kali di Universitas Gunadarma, maka dari itu mereka menyarankan kepada saya untuk memikirkanya secara matang. Tapi tetap saja, ambisi saya waktu itu ingin sekali pindah ke kelas Reguler Pagi. Dan kadang saya merasa saya sedikit konyol karena terlalu berani mengambil keputusan yang hanya akan terjadi 1 kali dalam masa perkuliahan ini.
Dipertengahan UAS saya mulai mengurus semua administrasi tersebut dan saya serahkan semua kepada BAAK, dan pihak BAAK bilang bahwa surat keterangan kelas baru tersebut akan keluar pada tanggal 24 Februari.
Acara Perpisahan...
Sebelum liburan setelah UAS akan berlalu, teman-teman sekelas mengadakan acara kumpul-kumpul di salah satu villa teman saya yaitu di daerah Puncak Bogor. Mereka pun bilang saya wajib ikut karena ini adalah salah satu acara yang mereka buat untuk saya. Untuk perpisahan (katanya). Entah apa yang saya rasakan, saya sedikit senang dan sedih pula. Saya senang karena mereka sangat baik sekali kepada saya tetapi dilain sisi saya merasa sedih karena acara yang mereka buat adalah untuk perpisahan bagi saya dan mereka.
Ya H-2 sebelum keberangkatan saya mempunyai suatu ide yang sangat kocak dan mungkin konyol, saya ingin membuat dan melihat seperti apa reaksi mereka jika saya melakukan hal ini. ya saya berpura-pura untuk membatalkan janji ini, dan berniat untuk tidak ikut acara ini dikarenakan suatu alasan yang mungkin tidak bisa mereka terima.
Saya mengatakan hal ini kepada mereka, bahwa saya tidak bisa mengikuti acara tersebut. Dan apa reaksi mereka? Yaapp betul seketika mereka berubah reaksi, dan raut wajah mereka kesal terhadap saya, dan sepertinya mereka merasa kecewa terhadap saya. Dikampus setelah saya berkata seperti itu, ada salah satu teman saya yang tiba-tiba merubah sikapnya karena tahu bahwa saya tidak akan mengikuti acara tersebt, seketika saya langsung didiamkan padahal setiap hari kami selalu bercanda, dan sangat jelas sekali bahwa ia kesal jika saya membatalkan janji secara tiba-tiba dan dengan alasan yang tidak spesifik.
tepat pada hari H, tepatnya pada tanggal 4 februari 2017, mereka berkumpul di KFC margonda. Dan saya sudah merencanakan ini dengan teman saya, agar saya tiba-tiba datang dan membuat mereka kaget kenapa saya jadi ikut pada acara ini.
yuuupps mereka janjian berkumpul pada jam 9 pagi, dan pada kenyataannya? Tahu sendirilah kebiasaaan molornya jam orang Indonesia seperti apa? Sayapun datang malah jam 11 siang Hahaha :D waktu itu saya datang dan reaksi mereka adalah “BENGONG” dan seperti orang bingun, entah mereka merasa tidak percaya ataukah mereka biasa saja terhadap sikap saya. Ah rasanya tidak asyik karena mereka hanya menunjukan ekspresi seperti itu. Ah tapi yasudahlahh yang penting saya jadi ikut dengan acara mereka.
Memang acara ini tidak diikuti oleh anak sekelas, kami hanya berangkat dengan 6 orang saja. Tapi suasananya tearasa asyik dan menyenangkan. Sebelum sampai divilla kami merencanakan untuk berendam air panas, dann yaappp badan terasa lebih enteng setelah berendam diair panas, kira-kira kami sampai dvilla sekitar jam 22:00, disana kami mengadakan bakar-bakaran seperti ayam, dan jagung, lalu kami mengisi waktu malam kami semua dengan permainan-permainan. Dan yaa ternyata mereka telah merencanakan sesuatu. Tiba-tiba saja ada kue yang datang dan ternyata itu untuk saya, dan dikue itu sendiri berisi tulisan “GOOD BYE RACHMAH” . mereka menyiapkan segalanya untuk perpisahan terakhir kami, ya ampun saya pun tidak berfikiran bahwa mereka akan memberi saya kue dengan tulisan seperti itu.
Mungkin ini adalah kenangan yang mungkin bisa dibilang mengharukan bagi saya, tiba disaat saya sudah mengurus surat kepindahan kelas, rasanya saya sedikit menyesal, tapi ya sudahlah jalani saja.
Tiba saatnya liburan. Saya mendapat kabar bahwa pihak BAAK akan mengeluarkan surat keterangan yang berisi kelas baru saya pada tanggal 24 februari 2017, karena saya sedang menghabiskan semasa liburan di kampung halaman jadi saya secara tidak langsung tidak bisa mengambil surat keterangan tersebut pada tanggal itu. Dan untungnya saya mempunyai teman sekelas yang bekerja di Universitas Gunadarma juga, jadi dia membantu saya untuk mengambilkan surat keterangan tersebut.
Kelas Baru...
Yaaaa 1EB13 menjadi kelas baru bagi saya saat ini, saya sudah bertanya kesana-kemari dengan grup paduan suara yang saya  ikuti, tetapi tak ada satupun diantara mereka yang mengenal anak 1EB13, saya mulai sedikit resah karena saya takut atau entah khawatir jika keberadaan saya nantinya tidak bisa diterima oleh mereka wkwkwk :D
Tetapi saya salah menduga ternyata anak-anak 1EB13 asyik dan menyenangkan, hanya saja kami belum terlalu akrab jadi saya belum bisa secara terbuka dengan mereka, yaa namanya saja masih baru, saya butuh pengadaptasian yang lebih lama. 2 minggu berlalu ternyata sudah lama juga saya sudah tidak belajar dengan anak-anak 1EB16. Rasanya rindu belajar dengan mereka yang super duper kocak dan menyenangkan. Andai saja saya bisa kembali ke kelas itu, saya pasti akan senang sekali. Tapi ini jelas tidak mungkin, jadi ya sudahah saya tak perlu menyesal karena dahulu mengikuti apa kati hati saya. Jadi jalani saja dan tetap optimis.
Pesan saya untuk para 1EB16 “Tolong jangan lupakan saya, karena saya paling takut jika dilupakan, tetaplah berteman baik dengan saya, karena saya sudah benar-benar nyaman bersama kalian semua. Dan kalian benar-benar telah menajdi bagian keluarga baru bagi saya.”
Sekian pesan dan kesan saya saat berada di Semester 1 yang sangat menyenangkan ini. semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi pembaca terutama dalam mengambil suatu keputusan yang sangat penting.
Sekian dan terimakasih. Salam hangat dari Rachmah J


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 9: PENILAIAN PRESTASI KERJA

Perencanaan Bisnis & Contoh Proposal Bisnis Catering

BAB 8: PROMOSI DAN PEMINDAHAN