Perencanaan Bisnis & Contoh Proposal Bisnis Catering
TUGAS
PERENCANAAN BISNIS
BESERTA
CONTOH PROPOSAL BISNIS CATERING RUMAHAN
DISUSUN
OLEH :
NAMA : RACHMAH AULIAWATI
NPM : 28216446
KELAS : 1EB16
PERENCANAAN
BISNIS
Perencanaan Bisnis atau yang biasa disebut dengan business plann
adalah : proses penentuan visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur,
aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau
bisnis tertentu. Ada beberapa pengertian tentang business plan :
1.
Business
Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah
bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang
memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.
2.
Business
Plan merupakan dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan/pengusaha
untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha(business opportunities) yang terdapat
di lingkungan eksternal perusahaan,menjelaskan keunggulan bersaing(competitive
advantage) uasaha, serta menjelaskan berbagai langkah yang harus dilakukan
untuk menjadikan peluang usaha tersebut menjadi suatu bentuk usaha yang
nyata.
3.
Business
Plan adalah sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan
sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial.
Sebelum kita mendirikan sebuah usaha sebaiknya kita
merancang perencanaan bisnis terlebih dahulu, agar kita dapat mengantisipasi
apa yang akan terjadi untuk kedepannya.
Karena fakta yang ada dilapangan 80 dari 100 usaha
tutup alias gulung tikar karena mereka tidak membuat perencanaan bisnis untuk
menentukan visi, misi dan tujuan, strategi kebijakan, prosedur, aturan dan
anggaran yang perlu dikeluarkan untuk menjalankan sebuah usaha. Oleh karena itu
kita wajib membuat perencanaan bisnis sebelum menentukan sebuah usaha yang akan
didirikan. Menurut saya membuat perencanaan bisnis tidak harus secara
terperinci ataupun mendetail yang terpenting adalah jelas untuk kita pahami dan
ada gambaran tertulisnya.
Perencanaan Bisnis tersebut juga berguna untuk:
·
Menjadi panduan bergerak dan tindakan
dalam memulai bisnis.
·
Mengurangi kegiatan dan kebutuhan yang
tidak diperlukan
·
Mengetahui perkiraan kebutuhan modal
usaha
·
Menghindari pemborosan biaya, barang,
waktu yang tidak diperlukan.
·
Menjadi panduan untuk menjalankan
strategi marketing, pengembangan SDM, pengembangan produk dan target bisnis itu
sendiri.
·
Efisiensi dalam penggunaan barang,
waktu, biaya dan tenaga untuk bisnis.
7
Langkah sederhana untuk membuat perencanaan bisnis/bisnis plan :
1.
Perencanaan
ide
Dalam perencanaan ide kita harus
memiliki ide sebanyak mungkin, sekreatif mungkin dan pilihlah ide yang paling
baik dan paling mungkin untuk kita kerjakan. Karena jika kita memiliki ide yang
sangat kreatif dan tentunya berbeda dengan yang lain tetapi sulit untuk kita
kerjakan, akan sama halnya dengan kita mempersulit usaha yang akan kita
dirikan.
2.
Perencanaan
Usaha:
ü Dalam
perencanaan usaha kita harus mencari dan memilih lokasi usaha dengan tepat.
Seperti lokasi yang strategis yang mungkin akan dijumpai oleh semua orang dari
semua kalangan, lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum, dll.
Menentukan lokasi sangatlah penting, Karena lokasi usaha juga akan sangat
berpengaruh bagi usaha yang kita dirikan. Dengan adanya lokasi yang terjangkau
maka konsumen akan dengan mudah mendatangi usaha yang kita dirikan.
ü Mempersiapkan
peralatan yang dibutuhkan juga sangatlah penting sebelum kita memulai untuk
berwirausaha. Karena dengan kelengkapan peralatan usaha akan memudahkan kita
dalam menjalankan suatu usaha.
ü Mempersiapkan
fasilitas yang dibutuhkan.
ü Mengurus
izin usaha. Izin usaha sangatlah penting agar usaha yang kita kelola sah dan
mendapat jaminan keamanan selama melaksanakan usaha, selain itu dengan mengurus
surat izin usaha kita telah menjalankan peraturan pemerintah dengan tertib.
Jika terjadi sesuatu pada usaha yang kita dirikan untuk masa mendatang maka
kita tidak akan repot untuk mengurusnya karena usaha yang didirikan sudah
terdaftar dan memiliki izin sah dari pemerintah.
ü Menentukan
Logo, nama usaha, dan brand/merk.
Logo
sangat lah penting bagi sebuah usaha/bisnis yang akan didirikan karena tanpa
adanya logo, sebuah produk usaha yang kita tawarkan untuk konsumen akan sulit
untuk diingat. Fungsi logo sendiri adalah sebagai simbol pengingat produk bagi
konsumen. Jadi penggunaan logo pada produk atau kemasan produk akan membantu
konsumen mengingat produk kita dengan lebih mudah.
Untuk
nama usaha sendiri kita bisa memikirkannya sekreatif mungkin tetapi alangkah
baiknya pilihlah nama yang sederhana, mudah dieja, dan mudah diingat.
Begitu
juga dengan Brand/merk. Brand merupakan salah satu bagian terpenting dalam
suatu produk.karena brand/merek dapat menjadi suatu nilai tambah bagi suatu
produk. Faktanya produk yang diberi merek akan lebih dianggap bernilai, lebih
bagus, dan lebih berkualitas dibandingkan produk lain yang tidak memiliki
Brand/merk.
3.
Perencanaan
Pemasaran
ü Menentukan
target market
Untuk
membuat bisnis atau usaha kita menjadi sukses kita harus menentukan siapa
target market yang akan kita pilih dan sesuaikan dengan strategi marketing yang
kita jalankan untuk membidik target market tersebut agar target market sesuai
dengan sasaran.
ü Analisa
SWOT dari usaha kita
Analis
SWOT adalah : metode analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan
(Strengths), kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman
(Threats) dalam suatu bisnis/usaha. Singkatnya analisis SWOT dapat kita gunakan
untuk melihat aspek kesiapan kita dan berbagai faktor yang mempengaruhi
berjalannya usaha nanit.
ü Analisa
Pesaing
Analisa
pesaing adalah sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau
permasalahan strategisyang terjadi akibat dari perubahan persaingan potensial,
serta kekuatan dan kelemahan pesaing.
Tujuan
utama melakukan analisa pesaing adalah agar usaha yang kita dirikan dapat
mengetahui keunggulan pesaing dalam bidang mana serta dimana letak kelemahan
pesaing, dan kita dapat dengan mudah melakukan berbagai serangan terhadap
kelemahan pesaing dan berusaha bertahan jika sewaktu waktu terjadi serangan balik
dari pesaing.
ü Menentukan
Bauran Pemasaran (marketing mix)
Bauran
pemasaran adalah : seperangkat alat pemasaran yang digunakan suatu perusahaan
untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. Bauran
pemasaran memiliki 4 variabel atau yang dikenal dengan istilah 4P yaitu
Product, Price, Promotion, and Place. Yang saling berkaitan satu sama lain.
Dalam bauran pemasaran ini kita dapat menentukan berapa harga suau produk yang
akan kita tawarkan kepada konsumen, cara mempromosikan produk yang kita miliki
agar tepat dengan sasaran.
ü Persiapkan
anggaran usaha
Anggaran
adalah: rencana kerja yang dituangkan dalam angka angka keuangan baik jangka
pendek, maupun jangka panjang. Anggaran ini sangat penting untuk membuat
perencanaan dan pengendalian. Selain itu anggaran memiliki kegunaan lain yaitu
untuk evaluasi kerja dan untuk mengarahkan perilaku manager dan karyawan.
4.
Perencanaan
SDM
Tahapan dalam proses perencanaan
SDM dimuai dari arah strategi perusahaan. Arah strategi perusahaan akan
memberikan acuan mengenai profil dan kebutuhan pegawai yang perlu dipenuhi. Dan
menuliskan tugas kerja dan standar kinerja untuk pegawai agar tepat sasaran.
5.
Perencanaan
Produksi
ü Kita
harus menetapkan produk yang kita buat merupakan produksi sendiri atau tidak.
ü Perencanaan
supplier dan bahan baku
6.
Perencanaan
Modal Usaha
Dalam perancanaan modal usaha kita
perlu membuat:
ü Anggaran
biaya untuk modal kerja. Modal kerja dalam suatu usaha perlu penganggaran agar
pengeluaran perusahaan tidak melewati batas modal yang dimiliki oleh perusahaan
itu sendiri.
ü Anggaran
untuk modal investasi
ü Penentuan
biaya usaha secara keseluruhan
7.
Perencanaan
Target Bisnis
Target bisnis sangatlah penting. Karena
kesuksesan suatu bisnis sangat ditentukan oleh seberapa banyak produk yang bisa
terjual. Dengan kata lain semakin besar omset penjualan semakin tinggi juga
keuntungan ynag didapatkan. Penetapan target yang benar adalah tidak hanya
menentukan dasar angka target tersebut saja, melainkan juga harus berhubungan
erat dengan faktor faktor lainnya seperti insentif, rencana pengembangan
produk, kebijakan perusahaan, dll.
Dalam perencanaan target bisnis
kita harus membuat ulasan tentang target bisnis dalam 5 tahun kedepan, membuat
target bisnis tahunan dan membuat target bisnis dalam bulanan dan harian.
Contoh Proposal “Tasty Catering”
Latar Belakang Masalah:
Menggeluti bisnis makanan selain menghasilkan
keuntungan yang tinggi, makanan juga menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang.
Jadi, dimanapun kita pasti membutuhkan makanan sebagai sumber pokok kehidupan.
Menekuni bisnis pembuatan makanan memang membutuhkan ketekunan dan keuletan
yang tinggi. Karena yang menjadi pertimbangan utama dalam menekuni bisnis ini
adalah cita rasa masakan itu sendiri. Salah satu bisnis yang bisa digeluti dari
bisnis makanan adalah usaha catering rumahan. Usaha catering rumahan merupakan
usaha penyediaan aneka makanan untuk jumlah yang cukup besar. Usaha catering
rumahan saat ini cukup diminati karena kebutuhan akan makanan tidak akan pernah
ada habisnya, apalagi untuk penyediaan makanan dalam jumlah yang besar. Selain
itu jika dilihat dari sudut pandang efisiensi dan biaya, usaha ini banyak
menghemat biaya investasi usaha. Seperti tempat, dan peralatan rumah tangga
dapat menggunakan yang telah ada sebagai langkah awal.
1.
Perencanaan
ide
Pada saat ini banyak orang yang
ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam
hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan
makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga
walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah saya mempunyai ide untuk
membuat bisnis catering makanan.
2.
Perencanaan
Usaha
v Dalam
memulai usaha kita wajib melakukan perencanaan usaha seperti menentukan lokasi
yang akan kita pilih sebagai sarana usaha yang kita buat. usahakan untuk mencari
lokasi yang strategis agar lebih dikenali oleh semua orang dan tentunya akses
menuju lokasi usaha yang kita dirikan sangatlah mudah. Sebenarnya dalam usaha
ini bisa didirikan dimana saja, baik didesa maupun dikota, namun dengan syarat
lokasi harus strategis karena dengan lokasi yang strategis akan banyak orang
yang menggunakan jasa catering kita. Lokasi strategis disini adalah lokasi yang
ramai dengan jumlah penduduk yang padat. Rencana yang akan saya pilih untuk lokasi
usaha catering ini adalah rumah saya sendiri. Karena kebetulan rumah saya
sangat strategis dengan padatnya penduduk, lagi pula rumah saya sendiri sangat
dekat dengan pasar jadi akan memudahkan saya dalam membeli bahan-bahan yang
dibutuhkan dan tentunya menghemat tenaga karena tak perlu jauh-jauh untuk
berbelanja.
v Perencanaan
usaha juga meliputi persiapan dalam melengkapi peralatan yang dibutuhkan. Dalam
usaha catering kita akan sangat membutuhkan banyak peralatan dapur, seperti
peralatan masak, tetapi menurut saya, saya tidak harus mengeluarkan biaya
banyak untuk membeli peralatan dapur karena saya mendirikan usaha dirumahan
jadi saya bisa menghemat pengeluaran untuk membeli peralatan dapur, dengan
memanfaatkan alat-alat memasak yang ada dirumah yang masih layak digunakan
dalam waktu jangka panjang. jadi jika ingin membeli peralatan maka dipilah
pilah terlebih dahulu. Jika masih ada dirumah, gunakan dulu yang ada dirumah
untuk menghemat biaya pengeluaran.
v Peralatan
makan
Peralatan
makan yang dibutuhkan untuk setiap usaha cetering tidak sama, tergantung pada
konsep katering itu sendiri. Untuk usaha catering pesta peralatan makan yang
wajib dimiliki adalah piring, sendok, garpu, aneka alat pemanas lauk, mangkuk,
meja dll. Sedangkan untuk catering rantangan, peralatan yang wajib dimiliki
adalah rantang makan, box atau wadah laiinya yang dapat memuat nasi dan
lauknya. Karena kali ini saya ingin mendirikan usaha baru maka saya memilih
usaha catering rantangan terlebih dahulu setelah itu baru melebar ke usaha
kateringan untuk pesta. Karena usaha cateringan untuk pesta sangat membutuhkan
dana yang lebih besar.
v Berdasarkan
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096/Menkes/PER/VI/2011 tentang Higiene
Sanitasi Jasaboga (“Permenkes 1096/Menkes/PER/VI/2011”), disebutkan bahwa usaha
catering terdiri dari 3 golongan yakni golongan A, B, dan C.
Untuk
jenis usaha katering yang saya dirikan ternyata tidak perlu mendirikan izin
karena dalam peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096/Menkes/PER/VI/2011 ternyata
usaha catering rumahan termasuk dalam golongan A. Dan golongan A sendiri tidak
membutuhkan izin karena usaha yang didirikan termasuk dalam usaha kecil dan
dapat berjalan tanpa badan usaha. Dan jika diperjelas usaha yang saya dirikan
termasuk dalam Sub Golongan A2 karena saya akan mempekerjakan tenaga kerja.
Golongan
|
Lingkup layanan
|
Sub layanan dan lingkup layanan
|
|
Golongan A
|
Kebutuhan masyarakat umum
|
Sub Golongan A1 = Kebutuhan masyarakat
umum dengan pengolahan makanan yang menggunakan dapur rumah tangga dan
dikelola oleh keluarga.
|
|
Sub Golongan A2= Kebutuhan masyarakat
umum dengan pengolahan makanan yang menggunakan dapur rumah tangga dan
mempekerjakan tenaga kerja.
|
|||
Sub golongan A3= Kebutuhan masyarakat
umum dengan pengolahan makanan yang menggunakan dapur khusus dan mengerjakan tenaga
kerja.
|
|||
Golongan
B
|
Kebutuhan
masyarakat dalam kondisi tertentu seperti : asrama haji, asrama transito,
industri, pabrik, fasilitas pelayanan kesehatan
|
Tidak
ada. Golongan B sering disebut corporate catering dan biasanya menggunakan
dapur khusus dan mempekerjakan tenaga kerja.
|
|
Golongan
C
|
Kebutuhan
masyarakat didalam angkut umum internasional
|
Tidak
ada. Golongan C menggunakan dapur dan mempekerjakan tenaga kerja
|
|
v Untuk
usaha katering ini sendiri saya dan keluarga sepakat untuk memberi nama “TASTY
CATERING” dengan Motto = “KUALITAS
MANTAP, HARGA RAKYAT, RASA NIKMAT”
v Visi
: Menyajikan makanan siap saji yang berkualitas, terjamin dan terbaik untuk konsumen.
Misi
: membuat berbagai macam makanan sesuai dengan pemesanan konsumen, yang berorientasi
kepada kepuasan konsumen.
Ini
adalah Logo dan merk untuk perusahaan catering kami. Dengan adanya logo ini
diharapkan semua masyarakat dapat mengingat dan mengenali usaha katering kami
3.
Perencanaan
Pemasaran
v Target Market
Untuk
sasaran dari produk ini adalah semua kalangan masyarakat
dari mulai untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa sehingga sasaran pemasaran dari produk makanan ini
bisa cukup luas.
v Daerah Pemasaran (Market Segmenting)
Untuk
daerah pemasaran produk ini yaitu baru sekitar wilayah area proses produksi dan
tempat-tempat tertentu khusussnya di daerah Kendal karena masih
dalam tahap promosi.
v Analisa SWOT :
1.
Strength ( Kekuatan )
Membuka usaha makanan seperti
nasi box saat ini cukup menjanjikan karena dewasa ini masyarakat yang cenderung
konsumtif dan memperhatikan efisiensi waktu, tempat dan tenaga, mereka lebih
memilih hal seperti ini ditangani oleh pihak tertentu yang kompeten.
2. Weaknesses ( Kelemahan )
Kelemahan
pada usaha ini terdapat pada pemasarannya. Pemasaran yang hanya mengandalkan pesanan terkadang hanya
berpatok pada waktu tertentu. Jadi kami harus handal melobi pihak yang menjadi
target pasar.
3. Opportunities( Peluang )
Peluang
bisnis ini aka sangat menjanjikan sekali, hal ini dikarenakan saingan untuk
usaha ini dikatakan belum terlalu banyak. Selain itu kita juga dapat mengurangi
jumlah pengangguran didaerah tempat kita tinggal. Karena kita dapat
mempekerjakan orang-orang disekitar kita untuk membantu usaha yang sedang kita
jalankan ini.
4. Threats( Ancaman )
Ancaman
untuk usaha ini sendiri adalah makanan ini akan cepat basi. Hal ini dapat
disebabkan pada saat pemasaaran makanan tersebut sudah dimasukan dalam kemasan
karena proses pemasaran tidak dilakukan dengan cara produksi langsung
ditempat/pasar. Ancaman yang lain adalah akan banyaknya pihak lain yang meniru
usaha kita ini. Hal ini tentu akan membuat saingan yang baru bagi kita.
v Baruan
pemasaran (Marketing Mix)
terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK,
Kita mesti mensurvai para pesaing-pesaing kita . Misalnya saja, menentukan apa,
10 menu terpopuler untuk katering di tempat kita . Contoh, bagaimana caranya
membuat nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta kalau bisa catering
yang kita tawarkan bisa lebih murah.
Untuk harga sendiri
kami menawarkan berbagai harga tergantung banyaknya lauk itu sendiri. Dengan mempertimbangkan segala
aspek kami memilih suplier bahan yang terjamin dan murah. Jadi kami bisa
menjual produk kami semurah mungkin.
CONTOH DAFTAR MENU NASI KOTAK
Daftar Menu
|
Harga
|
·
Nasi kuning
·
Mie
·
Kering tempe
·
Ayam goreng
·
Perkedel
·
Kerupuk udang
|
Rp.8.000
|
·
Nasi putih
·
Urap – urap
·
Trancaman
·
Ayam bumbu rujak
·
rempeyek
|
Rp. 8.000
|
Dan
lain-lain tergantung pesanan konsumen .
Untuk Sistem Promosi
sendiri kami mempromosikan usaha kami kepada masyarakat terdekat terlebih
dahulu. mengenalkan usaha kami dan produk-produk makanan apa saja yang dapat
kami buat. tidak tanggung-tanggung juga kami akan mempersiapkan dan menyajikan
berbagai menu dalam setiap acara arisan keluarga, RT, atau perkumpulan yang
kami ikuti. Dan kami tentunya akan meminta komentar dengan senang hati. Menurut
saya dari sini kepercayaan kepada kami akan muncul dan akan tersebar dari mulut
ke mulut, dan terkadang ini lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur.
Tetapi jika usaha sudah mulai berjalan kami akan mulai menyebarkan brosur dan
mungkin memasang spanduk iklan ditempat-tempat yang strategis agar lebih
dikenali oleh semua orang.
v Anggaran
Usaha
Untuk
modal awal memulai usaha ini relatif sedikit dana yang dikeluarkan, karena
usaha ini merupakan home industries maka hanya diperlukan biaya sebesar
Rp.5000.000,- yang diperoleh dari dana pribadi.
v Strategi
keuangan
Dana
berasal dari modal pribai, apabila terjadi lonjakan permintaan/konsumen maka
akan dicoba menambah modal melalui pinjaman dana melalui lembaga keuangan bukan
bank atau dari bank sekaligus.
4.
Perencanaan
SDM
v Strategi
Operasional
Untuk
menjadi seorang wirausahawan di bidang makanan tidak harus menjadi ahli masak
dulu, tetapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, sementara untuk
tenaga ahli yang dapat memasak akan dilakukan perekrutan.
5.
Perencanaan
produksi
Kegiatan usaha yang akan kami
kembangkan meliputi pembuatan catering ini dibuat sendiri dan pemasaran produk
yang dipasarkan dengan cara pemesanan dan jasa lain terkait dengan
produk-produk tersebut.
Untuk pembuatan produk sendiri kami
mengerjakannya secara bersih, higienis dan tentunya terjamin karena kami
mementingkan kebersihan dan kesehatan makanan.
Kami juga menyediakan pesanan
berupa snack seperti kue, jajanan pasar untuk kebutuhan rapat, acara pengajian,
dll.
6.
Perencanaan
Modal Usaha
No
|
Nama Akun
|
Debet
|
Kredit
|
1.
2.
3.
|
Kas
Modal
Perlengkapan
Kas
Peralatan
Kas
Jumlah
|
Rp. 5.000.000
Rp. 1.000.000
Rp. 500.000
Rp. 6.500.000
|
Rp. 5.000.000
Rp. 1.000.000
Rp. 500.000
Rp. 6.500.000
|
Modal usaha ini kami peroleh dari
dana pribadi sebesar Rp.5.000.000,- untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan,
kami mengeluarkan uang sebesar Rp.1.000.000. untuk membeli peralatan kami
mengeluarkan uang sebesar Rp.500.000.
Untuk proyeksi penjualan selama 1
bulan kami menargetkan minimal mendapat 4 kali pesanan yaitu :
·
2 x
Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp. 8.000)
2 x (200 Porsi x Rp 8.000= Rp 3.200.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 4.000.000
2 x (200 Porsi x Rp 8.000= Rp 3.200.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 4.000.000
Jurnal Transaksi dalam 1 bulan
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00)= Rp 200.000
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000).
Rp 4.000 x 500 Porsi = Rp 2.000.000
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00)= Rp 200.000
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000).
Rp 4.000 x 500 Porsi = Rp 2.000.000
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000
No
|
Nama akun
|
Debet
|
Kredit
|
1
2
3
|
Beban Angkut
Kas
Beban gaji karyawan
Kas
Biaya rupa-rupa (bahan baku)
Kas
Jumlah
|
Rp. 200.000
Rp.1.000.000
Rp. 2.000.000
Rp. 3.200.000
|
Rp. 200.000
Rp.1.000.000
Rp. 2.000.000
Rp. 3.200.000
|
Laporan Laba/Rugi dalam 1 bulan
Laporan Laba/Rugi
|
Pendapatan=
Rp. 4.000.000
Beban-beban:
·
Beban angkut Rp. 200.000
·
Beban gaji Rp. 1.000.000
·
Biaya rupa-rupa Rp. 2.000.000
Total Beban (Rp.
3.200.000)
|
Laba :
Rp. 800.000
|
Jadi
dalam sebulan kita bisa mendapat untung sebesar Rp.800.000 untuk 4 kali
pesanan. Jika bisa diusahakan lebih maka keuntungan yang akan didapat akan jauh
lebih besar.
7.
Perencanaan Target Bisnis
Untuk target bisnis ke
depannya adalah kami berharap bisa sukses dan bisa mengembangkan bisnis
catering ini menjadi lebih besar dan mencakup wilayah yang luas. Strategi yang
kami gunakan untuk pengembangan usaha kami di masa mendatang yaitu dengan
menambah modal untuk terus memperbaiki proses produksi dan promosi produk kami.
Memperbaiki atau meningkatkan kualitas makanan, selain itu kami juga akan
memperbaiki sistem manajemen dan menambah jumlah pegawai agar bekerja lebih
efektif lagi sesuai dengan bagian bagiannya masing-masing. Dengan strategi yang
sedemikian diharapkan usaha kami akan tetap tumbuh dan berkembang biak.
Kesimpulan :
Usaha catering rumahan
memang sangat menggiurkan, selain mendapatkan keuntungan yang besar kita juga
dapat menyalurkan hobbie kita yang suka dengan memasak. Memang dalam membuat
atau memulai bisnis usaha catering ini kita memang tidak memerlukan dana yang
terlalu besar karena bisnis catering rumahan ini dapat kita dirikan dirumah
kita sendiri. Walaupun menggunakan biaya yang tidak begitu besar tetapi kita
perlu persiapan dan perlu sebuah perencanaan bisnis (business plan).
Perencanaan bisnis ini diperlukan untuk mengantisipasi masalah yang akan datang
dimasa mendatang nanti. Dengan adanya perencanaan bisnis ini paling tidak kita
bisa meminimalisir masalah yang akan datang nantinya. Dan dengan adanya
perencanaan bisnis ini kita menjadi jelas tentang alur usaha yang akan kita
jalankan seperti apa untuk kedepannya.
Memilih Catering Jakarta itu gampang-gampang susah. Memesan Catering Jakarta yang enak dengan layanan profesional umumnya membutuhkan biaya mahal.
BalasHapusAgar tidak boros, ketika memilih Catering Jakarta, harga selalu menjadi alasan dalam memilih Catering Jakarta yang akan dipilih, dan pasti hanya akan memilih Catering Jakarta yang paling terjangkau.
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 2 milyar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com
Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
BalasHapusApakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan adalah keputusan yang bijak.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.
Data pelamar:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Pekerjaan:
6) Nomor telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Pendapatan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Jangka waktu pinjaman:
11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
Salam Hormat
Izin copy tulisannya buat tugas kuliah🙏☺️
BalasHapusOptimis indonesia emas.copas:)
HapusBapak Pedro melalui pedroloanss@gmail.com
BalasHapusWhatsapp +393510140339 menyetujui pinjaman bisnis yang saya gunakan untuk memperluas proyek agro saya dengan tingkat pengembalian tahunan 2%. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pedro dan tim kerjanya karena telah membantu saya dengan pinjaman sebesar 970.000,00 Euro.