Perencanaan Bisnis & Contoh Proposal Bisnis Catering

TUGAS PERENCANAAN BISNIS
BESERTA CONTOH PROPOSAL BISNIS CATERING RUMAHAN


DISUSUN OLEH :
NAMA  : RACHMAH AULIAWATI
NPM     : 28216446
KELAS : 1EB16

PERENCANAAN BISNIS
Perencanaan Bisnis atau yang biasa disebut dengan business plann adalah : proses penentuan visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Ada beberapa pengertian tentang business plan :
1.                  Business Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana. 
2.                  Business Plan merupakan dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan/pengusaha untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha(business opportunities) yang terdapat di lingkungan eksternal perusahaan,menjelaskan keunggulan bersaing(competitive advantage) uasaha, serta menjelaskan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk menjadikan peluang usaha tersebut menjadi suatu bentuk usaha yang nyata. 
3.                  Business Plan adalah sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial. 

Sebelum kita mendirikan sebuah usaha sebaiknya kita merancang perencanaan bisnis terlebih dahulu, agar kita dapat mengantisipasi apa yang akan terjadi untuk kedepannya.
Karena fakta yang ada dilapangan 80 dari 100 usaha tutup alias gulung tikar karena mereka tidak membuat perencanaan bisnis untuk menentukan visi, misi dan tujuan, strategi kebijakan, prosedur, aturan dan anggaran yang perlu dikeluarkan untuk menjalankan sebuah usaha. Oleh karena itu kita wajib membuat perencanaan bisnis sebelum menentukan sebuah usaha yang akan didirikan. Menurut saya membuat perencanaan bisnis tidak harus secara terperinci ataupun mendetail yang terpenting adalah jelas untuk kita pahami dan ada gambaran tertulisnya.
Perencanaan Bisnis tersebut juga berguna untuk:
·         Menjadi panduan bergerak dan tindakan dalam memulai bisnis.
·         Mengurangi kegiatan dan kebutuhan yang tidak diperlukan
·         Mengetahui perkiraan kebutuhan modal usaha
·         Menghindari pemborosan biaya, barang, waktu yang tidak diperlukan.
·         Menjadi panduan untuk menjalankan strategi marketing, pengembangan SDM, pengembangan produk dan target bisnis itu sendiri.
·         Efisiensi dalam penggunaan barang, waktu, biaya dan tenaga untuk bisnis. 

7 Langkah sederhana untuk membuat perencanaan bisnis/bisnis plan :
1.      Perencanaan ide
Dalam perencanaan ide kita harus memiliki ide sebanyak mungkin, sekreatif mungkin dan pilihlah ide yang paling baik dan paling mungkin untuk kita kerjakan. Karena jika kita memiliki ide yang sangat kreatif dan tentunya berbeda dengan yang lain tetapi sulit untuk kita kerjakan, akan sama halnya dengan kita mempersulit usaha yang akan kita dirikan.
2.      Perencanaan Usaha:
ü  Dalam perencanaan usaha kita harus mencari dan memilih lokasi usaha dengan tepat. Seperti lokasi yang strategis yang mungkin akan dijumpai oleh semua orang dari semua kalangan, lokasi yang mudah terjangkau oleh kendaraan umum, dll. Menentukan lokasi sangatlah penting, Karena lokasi usaha juga akan sangat berpengaruh bagi usaha yang kita dirikan. Dengan adanya lokasi yang terjangkau maka konsumen akan dengan mudah mendatangi usaha yang kita dirikan.
ü  Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan juga sangatlah penting sebelum kita memulai untuk berwirausaha. Karena dengan kelengkapan peralatan usaha akan memudahkan kita dalam menjalankan suatu usaha.
ü  Mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan.
ü  Mengurus izin usaha. Izin usaha sangatlah penting agar usaha yang kita kelola sah dan mendapat jaminan keamanan selama melaksanakan usaha, selain itu dengan mengurus surat izin usaha kita telah menjalankan peraturan pemerintah dengan tertib. Jika terjadi sesuatu pada usaha yang kita dirikan untuk masa mendatang maka kita tidak akan repot untuk mengurusnya karena usaha yang didirikan sudah terdaftar dan memiliki izin sah dari pemerintah.
ü  Menentukan Logo, nama usaha, dan brand/merk.
Logo sangat lah penting bagi sebuah usaha/bisnis yang akan didirikan karena tanpa adanya logo, sebuah produk usaha yang kita tawarkan untuk konsumen akan sulit untuk diingat. Fungsi logo sendiri adalah sebagai simbol pengingat produk bagi konsumen. Jadi penggunaan logo pada produk atau kemasan produk akan membantu konsumen mengingat produk kita dengan lebih mudah.
Untuk nama usaha sendiri kita bisa memikirkannya sekreatif mungkin tetapi alangkah baiknya pilihlah nama yang sederhana, mudah dieja, dan mudah diingat.
Begitu juga dengan Brand/merk. Brand merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu produk.karena brand/merek dapat menjadi suatu nilai tambah bagi suatu produk. Faktanya produk yang diberi merek akan lebih dianggap bernilai, lebih bagus, dan lebih berkualitas dibandingkan produk lain yang tidak memiliki Brand/merk.
3.      Perencanaan Pemasaran
ü  Menentukan target market
Untuk membuat bisnis atau usaha kita menjadi sukses kita harus menentukan siapa target market yang akan kita pilih dan sesuaikan dengan strategi marketing yang kita jalankan untuk membidik target market tersebut agar target market sesuai dengan sasaran.
ü  Analisa SWOT dari usaha kita
Analis SWOT adalah : metode analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) dalam suatu bisnis/usaha. Singkatnya analisis SWOT dapat kita gunakan untuk melihat aspek kesiapan kita dan berbagai faktor yang mempengaruhi berjalannya usaha nanit.
ü  Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalahan strategisyang terjadi akibat dari perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing.
Tujuan utama melakukan analisa pesaing adalah agar usaha yang kita dirikan dapat mengetahui keunggulan pesaing dalam bidang mana serta dimana letak kelemahan pesaing, dan kita dapat dengan mudah melakukan berbagai serangan terhadap kelemahan pesaing dan berusaha bertahan jika sewaktu waktu terjadi serangan balik dari pesaing.
ü  Menentukan Bauran Pemasaran (marketing mix)
Bauran pemasaran adalah : seperangkat alat pemasaran yang digunakan suatu perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. Bauran pemasaran memiliki 4 variabel atau yang dikenal dengan istilah 4P yaitu Product, Price, Promotion, and Place. Yang saling berkaitan satu sama lain. Dalam bauran pemasaran ini kita dapat menentukan berapa harga suau produk yang akan kita tawarkan kepada konsumen, cara mempromosikan produk yang kita miliki agar tepat dengan sasaran.
ü  Persiapkan anggaran usaha
Anggaran adalah: rencana kerja yang dituangkan dalam angka angka keuangan baik jangka pendek, maupun jangka panjang. Anggaran ini sangat penting untuk membuat perencanaan dan pengendalian. Selain itu anggaran memiliki kegunaan lain yaitu untuk evaluasi kerja dan untuk mengarahkan perilaku manager dan karyawan.
4.      Perencanaan SDM
Tahapan dalam proses perencanaan SDM dimuai dari arah strategi perusahaan. Arah strategi perusahaan akan memberikan acuan mengenai profil dan kebutuhan pegawai yang perlu dipenuhi. Dan menuliskan tugas kerja dan standar kinerja untuk pegawai agar tepat sasaran.
5.      Perencanaan Produksi
ü  Kita harus menetapkan produk yang kita buat merupakan produksi sendiri atau tidak.
ü  Perencanaan supplier dan bahan baku
6.      Perencanaan Modal Usaha
Dalam perancanaan modal usaha kita perlu membuat:
ü  Anggaran biaya untuk modal kerja. Modal kerja dalam suatu usaha perlu penganggaran agar pengeluaran perusahaan tidak melewati batas modal yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.
ü  Anggaran untuk modal investasi
ü  Penentuan biaya usaha secara keseluruhan
7.      Perencanaan Target Bisnis
Target bisnis sangatlah penting. Karena kesuksesan suatu bisnis sangat ditentukan oleh seberapa banyak produk yang bisa terjual. Dengan kata lain semakin besar omset penjualan semakin tinggi juga keuntungan ynag didapatkan. Penetapan target yang benar adalah tidak hanya menentukan dasar angka target tersebut saja, melainkan juga harus berhubungan erat dengan faktor faktor lainnya seperti insentif, rencana pengembangan produk, kebijakan perusahaan,  dll.
Dalam perencanaan target bisnis kita harus membuat ulasan tentang target bisnis dalam 5 tahun kedepan, membuat target bisnis tahunan dan membuat target bisnis dalam bulanan dan harian.

Contoh  Proposal “Tasty Catering”
Latar Belakang Masalah:
Menggeluti bisnis makanan selain menghasilkan keuntungan yang tinggi, makanan juga menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Jadi, dimanapun kita pasti membutuhkan makanan sebagai sumber pokok kehidupan. Menekuni bisnis pembuatan makanan memang membutuhkan ketekunan dan keuletan yang tinggi. Karena yang menjadi pertimbangan utama dalam menekuni bisnis ini adalah cita rasa masakan itu sendiri. Salah satu bisnis yang bisa digeluti dari bisnis makanan adalah usaha catering rumahan. Usaha catering rumahan merupakan usaha penyediaan aneka makanan untuk jumlah yang cukup besar. Usaha catering rumahan saat ini cukup diminati karena kebutuhan akan makanan tidak akan pernah ada habisnya, apalagi untuk penyediaan makanan dalam jumlah yang besar. Selain itu jika dilihat dari sudut pandang efisiensi dan biaya, usaha ini banyak menghemat biaya investasi usaha. Seperti tempat, dan peralatan rumah tangga dapat menggunakan yang telah ada sebagai langkah awal.
1.      Perencanaan ide
 Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah saya mempunyai ide untuk membuat bisnis catering makanan.
2.      Perencanaan Usaha
v  Dalam memulai usaha kita wajib melakukan perencanaan usaha seperti menentukan lokasi yang akan kita pilih sebagai sarana usaha yang kita buat. usahakan untuk mencari lokasi yang strategis agar lebih dikenali oleh semua orang dan tentunya akses menuju lokasi usaha yang kita dirikan sangatlah mudah. Sebenarnya dalam usaha ini bisa didirikan dimana saja, baik didesa maupun dikota, namun dengan syarat lokasi harus strategis karena dengan lokasi yang strategis akan banyak orang yang menggunakan jasa catering kita. Lokasi strategis disini adalah lokasi yang ramai dengan jumlah penduduk yang padat. Rencana yang akan saya pilih untuk lokasi usaha catering ini adalah rumah saya sendiri. Karena kebetulan rumah saya sangat strategis dengan padatnya penduduk, lagi pula rumah saya sendiri sangat dekat dengan pasar jadi akan memudahkan saya dalam membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan tentunya menghemat tenaga karena tak perlu jauh-jauh untuk berbelanja.
v  Perencanaan usaha juga meliputi persiapan dalam melengkapi peralatan yang dibutuhkan. Dalam usaha catering kita akan sangat membutuhkan banyak peralatan dapur, seperti peralatan masak, tetapi menurut saya, saya tidak harus mengeluarkan biaya banyak untuk membeli peralatan dapur karena saya mendirikan usaha dirumahan jadi saya bisa menghemat pengeluaran untuk membeli peralatan dapur, dengan memanfaatkan alat-alat memasak yang ada dirumah yang masih layak digunakan dalam waktu jangka panjang. jadi jika ingin membeli peralatan maka dipilah pilah terlebih dahulu. Jika masih ada dirumah, gunakan dulu yang ada dirumah untuk menghemat biaya pengeluaran.
v  Peralatan makan
Peralatan makan yang dibutuhkan untuk setiap usaha cetering tidak sama, tergantung pada konsep katering itu sendiri. Untuk usaha catering pesta peralatan makan yang wajib dimiliki adalah piring, sendok, garpu, aneka alat pemanas lauk, mangkuk, meja dll. Sedangkan untuk catering rantangan, peralatan yang wajib dimiliki adalah rantang makan, box atau wadah laiinya yang dapat memuat nasi dan lauknya. Karena kali ini saya ingin mendirikan usaha baru maka saya memilih usaha catering rantangan terlebih dahulu setelah itu baru melebar ke usaha kateringan untuk pesta. Karena usaha cateringan untuk pesta sangat membutuhkan dana yang lebih besar.
v  Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096/Menkes/PER/VI/2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga (“Permenkes 1096/Menkes/PER/VI/2011”), disebutkan bahwa usaha catering terdiri dari 3 golongan yakni golongan A, B, dan C.
Untuk jenis usaha katering yang saya dirikan ternyata tidak perlu mendirikan izin karena dalam peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1096/Menkes/PER/VI/2011 ternyata usaha catering rumahan termasuk dalam golongan A. Dan golongan A sendiri tidak membutuhkan izin karena usaha yang didirikan termasuk dalam usaha kecil dan dapat berjalan tanpa badan usaha. Dan jika diperjelas usaha yang saya dirikan termasuk dalam Sub Golongan A2 karena saya akan mempekerjakan tenaga kerja.
Golongan
Lingkup layanan
Sub layanan dan lingkup layanan










Golongan A










Kebutuhan masyarakat umum
Sub Golongan A1 = Kebutuhan masyarakat umum dengan pengolahan makanan yang menggunakan dapur rumah tangga dan dikelola oleh keluarga.
Sub Golongan A2= Kebutuhan masyarakat umum dengan pengolahan makanan yang menggunakan dapur rumah tangga dan mempekerjakan tenaga kerja.
Sub golongan A3= Kebutuhan masyarakat umum dengan pengolahan makanan yang menggunakan dapur khusus dan mengerjakan tenaga kerja.

Golongan B






Kebutuhan masyarakat dalam kondisi tertentu seperti : asrama haji, asrama transito, industri, pabrik, fasilitas pelayanan kesehatan

Tidak ada. Golongan B sering disebut corporate catering dan biasanya menggunakan dapur khusus dan mempekerjakan tenaga kerja.

Golongan C
Kebutuhan masyarakat didalam angkut umum internasional
Tidak ada. Golongan C menggunakan dapur dan mempekerjakan tenaga kerja

v  Untuk usaha katering ini sendiri saya dan keluarga sepakat untuk memberi nama “TASTY CATERING”  dengan Motto = “KUALITAS MANTAP, HARGA RAKYAT, RASA NIKMAT”
v  Visi : Menyajikan makanan siap saji yang berkualitas, terjamin  dan terbaik untuk konsumen.
Misi : membuat berbagai macam makanan sesuai dengan pemesanan konsumen, yang berorientasi kepada kepuasan konsumen.
Ini adalah Logo dan merk untuk perusahaan catering kami. Dengan adanya logo ini diharapkan semua masyarakat dapat mengingat dan mengenali usaha katering kami
.
3.      Perencanaan Pemasaran
v  Target Market
Untuk sasaran dari produk ini adalah semua kalangan masyarakat dari mulai untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa sehingga sasaran pemasaran dari produk makanan ini bisa cukup luas.
v  Daerah Pemasaran (Market Segmenting)
Untuk daerah pemasaran produk ini yaitu baru sekitar wilayah area proses produksi dan tempat-tempat tertentu khusussnya di daerah Kendal karena masih dalam tahap promosi.


v  Analisa SWOT :
1.      Strength ( Kekuatan )
Membuka usaha makanan seperti nasi box saat ini cukup menjanjikan karena dewasa ini masyarakat yang cenderung konsumtif dan memperhatikan efisiensi waktu, tempat dan tenaga, mereka lebih memilih hal seperti ini ditangani oleh pihak tertentu yang kompeten.
2.      Weaknesses ( Kelemahan )
Kelemahan pada usaha ini terdapat pada pemasarannya. Pemasaran yang     hanya mengandalkan pesanan terkadang hanya berpatok pada waktu tertentu. Jadi kami harus handal melobi pihak yang menjadi target pasar.
3.      Opportunities( Peluang )
Peluang bisnis ini aka sangat menjanjikan sekali, hal ini dikarenakan saingan untuk usaha ini dikatakan belum terlalu banyak. Selain itu kita juga dapat mengurangi jumlah pengangguran didaerah tempat kita tinggal. Karena kita dapat mempekerjakan orang-orang disekitar kita untuk membantu usaha yang sedang kita jalankan ini.
4.      Threats( Ancaman )
Ancaman untuk usaha ini sendiri adalah makanan ini akan cepat basi. Hal ini dapat disebabkan pada saat pemasaaran makanan tersebut sudah dimasukan dalam kemasan karena proses pemasaran tidak dilakukan dengan cara produksi langsung ditempat/pasar. Ancaman yang lain adalah akan banyaknya pihak lain yang meniru usaha kita ini. Hal ini tentu akan membuat saingan yang baru bagi kita.

v  Baruan pemasaran (Marketing Mix)
terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Kita mesti mensurvai para pesaing-pesaing kita . Misalnya saja, menentukan apa, 10 menu terpopuler untuk katering di tempat kita . Contoh, bagaimana caranya membuat nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta kalau bisa catering yang kita tawarkan bisa lebih murah.
Untuk harga sendiri kami menawarkan berbagai harga tergantung banyaknya lauk  itu sendiri. Dengan mempertimbangkan segala aspek kami memilih suplier bahan yang terjamin dan murah. Jadi kami bisa menjual produk kami semurah mungkin.
CONTOH DAFTAR MENU NASI KOTAK
Daftar Menu
Harga
·         Nasi kuning
·         Mie
·         Kering tempe
·         Ayam goreng
·         Perkedel
·         Kerupuk udang


Rp.8.000
·         Nasi putih
·         Urap – urap
·         Trancaman
·         Ayam bumbu rujak
·         rempeyek




Rp. 8.000

            Dan lain-lain tergantung pesanan konsumen .
Untuk Sistem Promosi sendiri kami mempromosikan usaha kami kepada masyarakat terdekat terlebih dahulu. mengenalkan usaha kami dan produk-produk makanan apa saja yang dapat kami buat. tidak tanggung-tanggung juga kami akan mempersiapkan dan menyajikan berbagai menu dalam setiap acara arisan keluarga, RT, atau perkumpulan yang kami ikuti. Dan kami tentunya akan meminta komentar dengan senang hati. Menurut saya dari sini kepercayaan kepada kami akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut, dan terkadang ini lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur. Tetapi jika usaha sudah mulai berjalan kami akan mulai menyebarkan brosur dan mungkin memasang spanduk iklan ditempat-tempat yang strategis agar lebih dikenali oleh semua orang.
v  Anggaran Usaha
Untuk modal awal memulai usaha ini relatif sedikit dana yang dikeluarkan, karena usaha ini merupakan home industries maka hanya diperlukan biaya sebesar Rp.5000.000,- yang diperoleh dari dana pribadi.
v  Strategi keuangan
Dana berasal dari modal pribai, apabila terjadi lonjakan permintaan/konsumen maka akan dicoba menambah modal melalui pinjaman dana melalui lembaga keuangan bukan bank atau dari bank sekaligus.
4.      Perencanaan SDM
v  Strategi Operasional
Untuk menjadi seorang wirausahawan di bidang makanan tidak harus menjadi ahli masak dulu, tetapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, sementara untuk tenaga ahli yang dapat memasak akan dilakukan perekrutan.




5.      Perencanaan produksi
Kegiatan usaha yang akan kami kembangkan meliputi pembuatan catering ini dibuat sendiri dan pemasaran produk yang dipasarkan dengan cara pemesanan dan jasa lain terkait dengan produk-produk tersebut.
Untuk pembuatan produk sendiri kami mengerjakannya secara bersih, higienis dan tentunya terjamin karena kami mementingkan kebersihan dan kesehatan makanan.
Kami juga menyediakan pesanan berupa snack seperti kue, jajanan pasar untuk kebutuhan rapat, acara pengajian, dll.
6.      Perencanaan Modal Usaha
No
Nama Akun
Debet
Kredit
1.

2.

3.


Kas
       Modal
Perlengkapan
      Kas
Peralatan
      Kas

Jumlah
Rp. 5.000.000

Rp. 1.000.000

Rp. 500.000


Rp. 6.500.000

Rp. 5.000.000

Rp. 1.000.000

Rp. 500.000

Rp. 6.500.000
Modal usaha ini kami peroleh dari dana pribadi sebesar Rp.5.000.000,- untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan, kami mengeluarkan uang sebesar Rp.1.000.000. untuk membeli peralatan kami mengeluarkan uang sebesar Rp.500.000.
Untuk proyeksi penjualan selama 1 bulan kami menargetkan minimal mendapat 4 kali pesanan yaitu :
·         2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp. 8.000)
2 x (200 Porsi x Rp 8.000= Rp 3.200.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 4.000.000
Jurnal Transaksi dalam 1 bulan
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00)= Rp 200.000
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000).
Rp 4.000 x 500 Porsi = Rp 2.000.000
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000
No
Nama akun
Debet
Kredit
1

2

3
Beban Angkut
   Kas
Beban gaji karyawan
  Kas
Biaya rupa-rupa (bahan baku)
  Kas
Jumlah
Rp. 200.000

Rp.1.000.000

Rp. 2.000.000


Rp. 3.200.000

Rp. 200.000

Rp.1.000.000


Rp. 2.000.000
Rp. 3.200.000

Laporan Laba/Rugi dalam 1 bulan
Laporan Laba/Rugi
Pendapatan=                                                         Rp. 4.000.000
Beban-beban:
·         Beban angkut     Rp. 200.000
·         Beban gaji          Rp. 1.000.000
·         Biaya rupa-rupa Rp. 2.000.000
   Total Beban                               (Rp. 3.200.000)
Laba :                                                                     Rp. 800.000
Jadi dalam sebulan kita bisa mendapat untung sebesar Rp.800.000 untuk 4 kali pesanan. Jika bisa diusahakan lebih maka keuntungan yang akan didapat akan jauh lebih besar.
7.      Perencanaan Target Bisnis
Untuk target bisnis ke depannya adalah kami berharap bisa sukses dan bisa mengembangkan bisnis catering ini menjadi lebih besar dan mencakup wilayah yang luas. Strategi yang kami gunakan untuk pengembangan usaha kami di masa mendatang yaitu dengan menambah modal untuk terus memperbaiki proses produksi dan promosi produk kami. Memperbaiki atau meningkatkan kualitas makanan, selain itu kami juga akan memperbaiki sistem manajemen dan menambah jumlah pegawai agar bekerja lebih efektif lagi sesuai dengan bagian bagiannya masing-masing. Dengan strategi yang sedemikian diharapkan usaha kami akan tetap tumbuh dan berkembang biak.
Kesimpulan :
Usaha catering rumahan memang sangat menggiurkan, selain mendapatkan keuntungan yang besar kita juga dapat menyalurkan hobbie kita yang suka dengan memasak. Memang dalam membuat atau memulai bisnis usaha catering ini kita memang tidak memerlukan dana yang terlalu besar karena bisnis catering rumahan ini dapat kita dirikan dirumah kita sendiri. Walaupun menggunakan biaya yang tidak begitu besar tetapi kita perlu persiapan dan perlu sebuah perencanaan bisnis (business plan). Perencanaan bisnis ini diperlukan untuk mengantisipasi masalah yang akan datang dimasa mendatang nanti. Dengan adanya perencanaan bisnis ini paling tidak kita bisa meminimalisir masalah yang akan datang nantinya. Dan dengan adanya perencanaan bisnis ini kita menjadi jelas tentang alur usaha yang akan kita jalankan seperti apa untuk kedepannya.





Komentar

  1. Memilih Catering Jakarta itu gampang-gampang susah. Memesan Catering Jakarta yang enak dengan layanan profesional umumnya membutuhkan biaya mahal.
    Agar tidak boros, ketika memilih Catering Jakarta, harga selalu menjadi alasan dalam memilih Catering Jakarta yang akan dipilih, dan pasti hanya akan memilih Catering Jakarta yang paling terjangkau.

    BalasHapus
  2. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 milyar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  3. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan adalah keputusan yang bijak.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
    Salam Hormat

    BalasHapus
  4. Izin copy tulisannya buat tugas kuliah🙏☺️

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 9: PENILAIAN PRESTASI KERJA

BAB 8: PROMOSI DAN PEMINDAHAN