BELAJAR MENGGALI DAN MENGETAHUI BAKAT DENGAN MINAT YANG ADA


                          Tugas Ekonomi Koperasi (SoftSkills)

Disusun Oleh :
Nama                             :         Rachmah Auliawati
NPM                                        :         28216446
Fakultas                         :         Ekonomi
Jurusan                          :         Akuntansi  
Mata Kuliah                             :         Ekonomi Koperasi

                                                           
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017


Belajar ataupun bekerja akan bidang-bidang yang diminati apalagi dengan tambahan bakat serta talenta yang sesuai, akan memberikan semangat dalam mempelajari atau menjalaninya. Tapi sering kali remaja memilih suatu bidang studi yang ingin digelutinya karena mengikuti teman-temannya, atau memilih bidang yang sedang popular tanpa mendalami bidang seperti apa yang akan digeluti.
Sebelum saya bercerita tentang bakat dan minat yang akan saya ceritakan tentang pengalaman saya, makadari itu lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa pengertian dari Bakat, dan Minat.
Pengertian:
·         Bakat, adalah : kondisi atau kualitas yang dimiliki seseorang yang memungkinkan seseorang tersebut akan berkembang pada masa mendatang. Bakat bisa diartikan sebagai kemampuan bawaan yang berupa potensi dari diri masing-masing yang masih perlu dilatih dan dikembangkan. Bakat merupakan potensi terpendam dalam diri seseorang, agar bakat tersebut bisa muncul, maka dari itu perlu digali, ditemukan,dilatih, dan dikembangkan. Bakat memungkinkan seseorang untuk mencapai prestasi dalam bidang tertentu, akan tetapi harus ditunjang dengan minat, latihan, pengertian, pengetahuan, pengalaman, dan dorongan. Bakat tidak selalu identik disertai minat, dan sebaliknya.

·         Minat, merupakan: salah satu aspek psikis manusia yanh dapat mendorong untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu objek, cenderung untuk memberikan perhatian atau merasa sesang yang lebih besar kepada obyek tersebut. Namun apabila obyek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka ia tidak akan memiliki minat pada obyek tersebut. Minat adalah aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi kekuatan seseorang diarea tertentu dimana ia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukan kinerja yang tinggi. Bakat akan sulit berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat untuk hal tersebut atau yang berkaitan dengan bidang yang akan ditekuni.

Dari pengertian Bakat dan Minat kita sekarang sudah tahu apa arti dari bakat dan minat, menurut saya bakat dan minat memanglah saling berhubungan dan saling melengkapi, maka dari itu jika kita ingin lebih mengetahui lebih dalam potensi/bakat kita akan obyek tertentu, maka kita harus berminat untuk mempelajari lebih dalam obyek tersebut.
Sebelumnya saya akan menceritakan tentang pengalaman saya tentang memilih bidang studi yang akan saya masuki diera perkuliahan ini. sewaktu masih menjadi anak SMA dulu saya tidak terlalu bisa dengan pelajaran Akuntansi walaupun saya masuk ke jurusan IPS pada saat itu, disaat kelas VIII saya mulai berfikir dan mempunyai minat untuk belajar lebih dalam tentang Akuntansi ini, dimulai dari yang sangat dasar sekali. Karena jujur saja waktu itu saya memang tidak paham jelas, dan saya merasa bodoh, karena kemalasan saya waktu itu yang tidak ingin mempelajari lebih dalam tentang Akuntansi.
Saat pertengahan kelas VIII SMA saya lebih giat untuk mendalami pelajaran tersebut, dikarenakan motifasi dari orang tua, karena waktu itu Ayah saya pernah berkata “kenapa kamu masuk IPS kalau kamu tidak bisa Akuntansi”. Dari kalimat tersebut menjadikan saya motivasi dan semangat untuk mendalami pelajaran ini, dan sampai pada akhirnya saya paham dengan sendirinya tentang Akuntansi ini.
Saat memilih-milih jurusan yang akan dimasuki untuk perkuliahan pun sama, seketika itu saya menjadi lebih suka dengan pelajaran akuntansi dan saya mempunyai keinginan serta minat untuk mempelajari lebih dalam pelajaran ini. maka dari itu saya memutuskan untuk memilih jurusan akuntansi diperkuliahan ini.
Nah cerita tersebut menjadi salah satu contoh minat saya terhadap Akuntansi. Kali ini saya akan menceritakan tentang hal yang hampir sama juga.
Siapa disini yang tidak suka dengan hal bernyanyi? Dan apakah dari kalian yang sangat menyukai dengan hal bernyanyi menganggap kalau kalian berbakat dalam hal ini? Ya, saya sangat suka sekali dengan hal bernyanyi, sampai-sampai dimanapun saya berada pasti ada saja lagu yang saya nyanyikan, dan saya percaya bahwa semua orang terkadang sering sekali menjadi penyanyi dikamar mandi, dan sayapun juga seperti itu. Bahkan dulu saya pernah juga memiliki pemikiran bahwa saya berbakat didunia musik. Saat saya memasuki perkuliahan, saya sangat tertarik dengan UKM yang satu ini, ya PSM Swara Darmagita Universitas Gunadarma. Ketertarikan saya berawal dari mereka (anggota paduan suara) sering sekali bernyanyi saat latihan diarea kampus. “MERDU”, dan sangat MERDU, saya menyukai itu dan bahkan takjup, karena mereka (anggota paduan suara) sangat giat dan aktif. Saat penerimaan anggota baru saya mencoba untuk mendaftar menjadi calon anggota PSM tersebut, dengan melalui banyak hal dan tes-tes tertentu akhirnya saya dinyatakan lolos. Tapi perjuangan untuk bisa bernyanyi MERDU itu sangatlah panjang, dan tidak seperti yang saya pikirkan bahwa saya berbakat dalam hal ini, tetapi dengan minat yang sangat besar dan kuat akhirnya saya memutuskan untuk tetap memperdalam dan menggali lagi tentang dunia bernyanyi dalam paduan suara agar bakat yang saya dambakan itu bisa muncul dan bisa diakui oleh semua orang. Ya untuk menggali bakat dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, dan diperlukan kesabaran juga, karena bakat tidak bisa dengan mudahnya muncul begitu saja.
Dengan giat belajar dan ada keinginan untuk memperdalam ilmu yang ada kini usaha saya pun sedikit terbayarkan, saya merasa ilmu bernyanyi saya bertambah sedikit demi sedikit, ya memang memerlukan waktu yang lama, tetapi dengan berusaha dan mengingat apa yang kita inginkan harus tercapai maka saya akan tetap bertahan dan mempelajarinya lebih dalam sampai bakat saya pun muncul, dan dapat dilihat oleh semua orang.

Sekian dari cerita pengalaman yang saya dapat, semoga bisa menjadikan pelajaran dan dapat memotivasi bagi anda yang sedang membaca, bahwa kita harus tetap berusaha terhadap apapun. Dan perlu ditekankan, bahwa seseorang pasti mempunyai bakat tertentu, dan tersendiri, jadi kita sendirilah yang harus bisa menggali bakat tersebut agar dapat terlihat dan diketahui oleh kita sendiri dan orang lain tentunya.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 9: PENILAIAN PRESTASI KERJA

Perencanaan Bisnis & Contoh Proposal Bisnis Catering

BAB 8: PROMOSI DAN PEMINDAHAN