BAB 11: KEPUASAN KERJA

Nama              : Rachmah Auliawati
NPM               : 28216446
Kelas               : 4EB12

Soal Pilihan Ganda dan Jawaban
1.      kepuasan kerja adalah salah satu aspek psikologis yang mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya, rasa puas terhadap kesesuaian antara kemampuan, keterampilan, dan harapannya dengan pekerjaan yang ia hadapi. Merupakan pengertian kepuasan kerja menurut...
A.    Setiawan dan Ghozali
B.     Davis
C.    Susilo Martoyo
D.    S.P. Hasibuan
2.      Dibawah ini yang merupakan faktor penentu kepuasan kerja,kecuali...
A.    Keluarga
B.     Pekerjaan itu sendiri
C.     Hubungan dengan atasan
D.    Promosi
3.      Salah satu cara untuk mengukur kepuasan kerja ialah menggunakan Rating Scale. Dibawah ini yang termasuk pendekatan Rating Scale, kecuali...
A.     Minnessota Satisfaction Questionare
B.     Job Descriptive Index
C.    Critical Incidents
D.    Porter Need Satisfaction Questionare
4.      Teknik yang dalam penelitiannya tentang motivasi dua faktor dengan mengajukan pertanyaan kepada para karyawan tentang faktor-faktor apa saja yang membuat mereka puas dan tidak puas, merupakan teknik...
A.    Rating Scale
B.     Interview
C.    Critical Incidents
D.    Job Descriptive Index
5.      Menurut Stephen Robins (2003:101) ada dua pendekatan yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan kerja karyawan, yaitu...
A.    Single global rating
B.     Summation score
C.     Rating score
D.    Jawaban A dan B benar



Soal Essay dan Jawaban
1.      Sebutkan dan jelaskan 5 program, fungsi, dan tipe konseling
JAWABAN:
·         Crisis Intervention Conseling : sebagai metode yang digunakan untuk menolong dalam situasi segera, bantuan jangka pendek kepada individu yang mengalami masalah emosional, mental, fisik dan perilaku distress atau masalah dari pengalaman atau kejadian seperti: bencana alam, pelecehan atau pemerkosaan seksual, perampokan, sakit secara medik, gangguan/sakit mental, percobaan atau bunuh diri.
·          Marriage and Family Counseling : Konseling pernikahan menciptakan dan memediasi satu lingkungan yang aman/nyaman untuk dua pribadi dalam pernikahan untuk mendiskusikan apa masalah yang dimiliki masing-masing terhadap pasangan, memecahkan perbedaan dan bekerja sama untuk saling meningkatkan pemahaman.
·         Rehabilitation Counseling : Konseling rehabilitasi menolong individu dengan fisik, mental perkembangan yang terlambat dan gangguan otak) dan gangguan psikiatri untuk mencapai hidup yang produktif dan mandiri.
·         Mental Health Counseling : Konseling kesehatan mental member perlakuan psikopatologi dan mempromosikan kesehatan mental yang optimal dan hidup sehat. Termasuk diagnosis dan treatment; teknik psiko-edukasional, dengan tujuan pencegahan; konsultasi; dan penelitian klinis.
·         Philosophical Counseling : Konseling Filosofi adalah konsleing menggunakan pengetahuan filososfis, analisis konseptual, dan keterampilan logik untuk menemukan makna baru sebagai cara dan ekspresi pemikiran.
2.      Sebutkan dan jelaskan 2 pendekatan yang digunakan untuk mengukur kepuasan kerja karyawan menurut Stephen Robins
JAWABAN:
·         Angka-nilai global tunggal (Single Global Rating) : metode ini tidak lebih dari meminta individu-individu untuk menjawab satu pertanyaan, seperti misalnya “Bila semua hal dipertimbangkan, seberapa puaskah Anda dengan pekerjaan Anda?”. Kemudian responden menjawab dengan melingkari suatu bilangan antara 1-5 yang berpadanan dengan jawaban dari “Sangat Dipuaskan” sampai “Sangat Tidak Dipuaskan”.
·         Skor penjumlahan (Summation Score) : Metode ini mengenali unsur-unsur utama dalam suatu pekerjaan dan menanyakan perasaan karyawan mengenai tiap unsur. Fakto-faktor yang lazim akan dicakup adalah sifat dasar pekerjaan, penyediaan, upah sekarang, kesempatan promosi dan hubungan dengan reken sekerja. Faktor-faktor ini dinilai pada suatu skala baku dan kemudian di jumlahkan untuk menciptakan skor kepuasan kerja keseluruhan.
3.      Sebutkan konsekuensi kepuasan kerja!
JAWABAN:
a.       Kepuasan dan Motivasi
b.      Kepuasan dan Keterlibatan dalam Pekerjaan
c.       Kepuasan dengan OCB
d.      Kepuasan kerja dengan Komitmen Organisasi
4.      Sebutkan yang termasuk dalam aspek-aspek kepuasan kerja!
JAWABAN:
·         Karakteristik pekerjaan
·         Gaji
·         Hubungan atasan-bawahan
·         Dukungan rekan kerja
·         Lingkungan kerja yang menunjang
5.      Apa yang dimaksud dengan semangat kerja !
JAWABAN:

Semangat Kerja adalah sikap kesediaan perasaan yang memungkinkan seorang karyawan untuk menghasilkan kerja yang lebih banyak dan lebih tanpa menambah keletihan, yang menyebabkan karyawan dengan antusias ikut serta dalam kegiatan-kegiatan dan usaha-usaha kelompok sekerjanya, dan membuat karyawan tidak mudah kena pengaruh dari luar, terutama dari orang-orang yang mendasarkan sasaran mereka itu atas tanggapan bahwa satu-satunya kepentingan pemimpin perusahaan itu terhadap dirinya untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya darinya dan memberi sedikit mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 9: PENILAIAN PRESTASI KERJA

Perencanaan Bisnis & Contoh Proposal Bisnis Catering

BAB 8: PROMOSI DAN PEMINDAHAN