BAB 3: DESAIN PEKERJAAN DAN ANALISIS PEKERJAAN

Nama              : Rachmah Auliawati
NPM               : 28216446
Kelas               : 4EB12

Soal Pilihan Ganda beserta Jawabannya
1.      Elemen ini menyangkut masalah efisiensi yang artinya setiap pekerjaan harus dirancang secara efisien sehingga memberikan hasil yang maksimal dari pekerjaan yang dilakukan. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari elemen?
A.                 Elemen Lingkungan
B.                 Elemen Organisasi
C.                 Elemen Keprilakuan
D.                 Semua Jawaban Salah
JAWABAN: B
2.      Dibawah ini yang termasuk trade off keperilakuan dan efisiensi adalah?
A.    Kepuasan Kerja Vs Spesialisasi
B.     Produktivitas Vs Spesialisasi
C.     Perputaran Karyawan Vs Spesialisasi
D.    Semua Jawaban Benar
JAWABAN: D
3.      Manakah dibawah ini yang merupakan pengertian dari analisis jabatan?
A.      Suatu ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.
B.      Suatu perubahan posisi yang dilakukan baik secara horizontal maupun vertikal
C.      suatu aktivitas untuk mengkaji, mempelajari, mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis ruang lingkup suatu pekerjaan secara sistematis dan sistemik
D.      suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan.
JAWABAN: C
4.      manakah dibawah ini yang termasuk dalam metode analisis jabatan?
A.    Observasi
B.     Wawancara
C.     Angket
D.    Semua Jawaban Benar
5.      Penggolongan jabatan berdasarkan tugas dan tanggung jawab jabatan merupakan penggolongan jabatan berdasarkan basis?
A.    Klasifikasi Tugas (duty classification)
B.     Klasifikasi Peringkat (rank classification)
C.     Klasifikasi Pekerjaan (Job classification)
D.    Semua Jawaban Salah
JAWABAN: A




Soal Essay dan Jawaban
1.      Sebutkan dan jelaskan tujuan analisis jabatan?
JAWABAN:
Tujuan dari analisis jabatan ialah untuk:
a)      Menetapkan spesifikasi karyawan yaitu dengan analisis jabatan, maka dapat dimiliki persyaaratan kepegawaian dan juga dapat dapat diberikan pengertian mengenai tugas yang terkandung dalam suatu jabatan.
b)      Menentukan kebutuhan pelatihan, yaitu dengan menggunakan hasil analisis jabatan maka dapat diketahui kemampuan maupun keahlian apa yang dibutuhkan karyawan sehingga dapat ditentukan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan tersebut.
c)      Menentukan peringkat, yaitu dengan analisis jabatan maka dapat diketahui bobot dari suatu jabatan sehingga dapat dinilai dan dibandingkan antara jabatan yang satu dengan jabatan yang lainnya.
d)     Mengembangkan metode, yaitu dengan analisis jabatan dapat dilakukan perbaikan terhadap berbagai metode kerja dalam suatu jabatan.
2.      Sebutkan langkah-langkah dalam analisis pekerjaan
JAWABAN:
Dalam analisis pekerjaan terdapat dua langkah utama yang harus dilakukan, yaitu (1) penentuan tugas-tugas utama, kegiatan-kegiatan, perilaku-perilaku atau kewajiban-kewajibanyang akan dilaksanakan dalam pekerjaan. (2) penetapan pengetahuan (knowledge), kemampuan-kemampuan (abilities), kecakapan-kecakapan (skills), dan beberapa karakteristik lainnya (faktor-faktor kepribadian, sikap, ketangkasan atau karakteristik fisik dan mental yang di perlukan bagi pekerjaan) yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas-tugas.
3.      Sebutkan dan jelaskan metode-metode yang digunakan dalam analisis jabatan (minimal 3)
JAWABAN:
1.      Metode Observasi adalah metode yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dengan mengamati individu yang melakukan pekerjaan itu dan mencatatnya untuk menguraikan tugas dan kewajiban yang dilakukannya
2.      Metode Kuesioner yaitu mengirimkan sejumlah kuesioner kepada orang yang menduduki jabatan yang akan dianalisis untuk mengisi kuesioner dan menjelaskan tugas-tugas, aktifitas kerja dan tanggung jawab yang mereka emban.
3.      Metode Angket, dengan mengunakan angket, yang bersangkutan diminta untuk memberikan data-data mengenai jabatannya dangan kata-kata sendiri. Analis meminta karyawan mengisi kuisioner untuk menggambarkan tugas-tugas yang berkaitan dengan jabatan dan tanggung jawab mereka. 
4.      Sebutkan dan jelaskan 2 metode analisis pekerjaan
JAWABAN:
1.      Analisis Pekerjaan Tradisional (Traditional Job Analysis). Model tradisional ini hanya mencari informasi sekitar tiga aspek, antara lain tanggung jawab yang merinci unit organisasi kepada mana suatu kedudukan harus bertanggung jawab, harus tunduk kepada pengarahan dan bagian pelaksanaan, kewajiban-kewajiban umum dari seseorang yang sedang memegang suatu kedudukan, kualifikasi-kualifikasi minimal yang diterima sebagai kelayakan.
2.      Analisis Pekerjaan yang beroreientasi hasil (Result-oriented Jobs Description) Analisis pekerjaan yang berorientasikan hasil ini merupakan suatu kehidupan kecil di dalam program-oriented budget yang bermanfaat bagi produktivitas.
5.      Sebutkan manfaat analisis pekerjaan (Minimal 3) !
JAWABAN:
·         Analisis susunan kepegawaian (Informasi pekerjaan)
·         Desain Organisasi (menganalisis elemen, menyusun posisi organisasi)
·         Redesain pekerjaan (untuk meningkatkan metode pekerja, mengurangi kesalahan, eliminasi yang tidak perlu, perbaikan kinerja)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 9: PENILAIAN PRESTASI KERJA

Perencanaan Bisnis & Contoh Proposal Bisnis Catering

BAB 8: PROMOSI DAN PEMINDAHAN