BAB 9: PENILAIAN PRESTASI KERJA
Nama : Rachmah Auliawati
NPM : 28216446
Kelas : 4EB12
Soal Pilihan Ganda dan Jawaban
1. suatu
cara dalam melakukan evaluasi terhadap prestasi kerja para pegawai dengan
serangkaian tolok ukur tertentu yang obyektif dan berkaitan langsung dengan
tugas seseorang serta dilakukan secara berkala. Merupakan pengertian dari...
A. Mutasi
B. Promosi
C. Penilaian
Prestasi Kerja
D. Evaluasi
JAWABAN:
C
2. Dibawah
ini merupakan tujuan dari penilaian prestasi kerja (PPK) kecuali...
A. Perencanaan
karier
B. Evaluasi
dan pengembangan Diklat
C. Promosi
D. Semua
Jawaban Salah
JAWABAN:
D
3. Dibawah
ini yang menjadi obyek penilaian prestasi kerja karyawan adalah, sebagai
berikut kecuali...
A. Hasil
kerja individu
B. Perilaku
C. Sifat
D. Uang
JAWABAN:
D
4. Dibawah
ini yang bukan metode penilaian yang berorientasi masa lalu adalah...
A. Metode
skala grafik dengan rating
B. Metode
checklist
C. metode
tes psikologi
D. metode
esai
JAWABAN:
C
5. Dibawah
ini metode yang berorientasi masa depan, kecuali....
A. Metode
Skala Grafik dengan Rating
B. Pusat
Penilaian
C. Metode
Tes Psikologi
D. MBO
JAWABAN:
A
Soal Essay dan Jawaban
1. Sebutkan
dan jelaskan metode penilaian yang berorientasi masa depan
JAWABAN:
a. Penilaian
diri: metode ini menekankan adanya penilaian yang dilakukan karyawan terhadap
diri sendiri dengan tujuan melihat potensi yang dapat dikembangkan dari diri
mereka.
b. Tes
Psikologi: Biasanya dilakukan dalam bentuk wawancara mendalam, tes psikologi,
diskusi, review terhadap hasil evaluasi pekerjaan karyawan. Tes ini dilakukan
oleh psikolog untuk mengetahui potensi karyawan yang dapat dikembangkan dimasa
datang.
c. Management
By Objective (MBO) : sistem yang menggambarkan kajian
tentang target/sasaran yang hendak dicapai berdasarkan kesepakatan
antara supervisor dan bawahannya.
d. Pusat
Penilaian: Merupakan lembaga pusat penilaian prestasi kerja, dimana lembaga
tersebut berfungsi melakukan penilaian prestasi kerja terhadap karyawan suatu
perusahaan.
2. Sebutkan
3 kesalahan dalam penilaian...
JAWABAN:
·
Hallo Effect dan Horn Effect
·
Kecenderungan menilai rata-rata cukup
atau menengah
·
Adanya kemurahan hati
3. Sebutkan
tujuan dari penilaian prestasi kerja
JAWABAN:
·
Peningkatan Imbalan
·
Feed back/ umpan balik bagi pegawai yang
bersangkutan
·
Promosi
·
PHK atau pemberhentian sementara
·
Melihat potensi kinerja pegawai
·
Evaluasi terhadap tujuan organisasi
·
Perencanaan karier
4. Sebutkan
dan Jelaskan obyek penilaian prestasi kerja
JAWABAN:
a. Hasil
kerja individu : Jika mengutamakan hasil akhir, maka pihak manajemen melakukan
penilaian prestasi kerja dengan obyek hasil kerja individu. Biasanya berlaku
pada bagian produksi dengan indikator penilaian output yang dihasilkan, sisa
dan biaya per-unit yang dikeluarkan.
b. Perilaku:
Untuk tugas yang bersifat instrinsik, misalnya sekretaris atau manajer, maka
penilaian prestasi kerja ditekankan pada penilaian terhadap perilaku, seperti
ketepatan waktu memberikan laporan, kesesuaian gaya kepemimpinan, efisiensi dan
efektivitas pengambilan keputusan, tingkat absensi.
c. Sifat
: Merupakan obyek penilaian yang dianggap paling lemah dari kriteria penilaian
prestasi kerja, karena sulit diukur atau tidak dapat dihubungkan dengan hasil tugas
yang positif, seperti sikap yang baik, rasa percaya diri, dapat diandalkan,
mampu bekerja sama.
5. Jelaskan
apa yang dimaksud metode Checklist
JAWABAN:
Metode checklist adalah metode PPK dengan
cara memberi tanda (V) pada uraian perilaku negatif atau positif
pegawai/karyawan yang namanya tertera dalam daftar.
Komentar
Posting Komentar